Sunday, February 5, 2017

JEMBATAN MERPATI PONGPET





Jembatan Merpati Pongpet yang berada di Dusun Margajaya, Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang merupakan bagian dari Desa Wisata Margacinta. Jembatan yang dibangun pada 1992 dengan panjang kurang lebih sekitar 80 meter dan lebar 1,5 meter , kini telah disulap oleh Pengelola Wisata Desa Margacinta dengan tambahan polesan warna – warna unik pada bagian kayu jembatannya dan sedikit hiasan dibagian atas jembatan, sehingga tak heran jika hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Jembatan Merpati Pongpet tersebut sebenarnya merupakan jalur alternatif/transportasi yang menghubungkan antara Kec. Cijulang dengan daerah – derah yang berada di Kecamatan Cimerak, seperti Desa Kertayasa, Desa Cibanten dan Desa Cimindi.

Jembatan Pongpet berada di ketinggian kurang lebih sekitar 100 meter, dibawahnya mengalir aliran sungai jernih yang juga digunakan untuk berenang atau jalur body rafting. Selain itu tebing – tebing serta pepohonan yang rimbun, yang berada di sekitar jembatan membuat suasana di objek wisata ini terasa sangat tenang dan nyaman

Umumnya mereka yang datang ke tempat ini, adalah untuk sekedar melakukan foto – foto , atau selfi bersama pasangan, apalagi mengingat suasana/tempat di Jembatan Merpati Pongpet ini memang sangat cocok untuk mereka yang senang dengan dunia fotografi.


Untuk bisa berselfi diatas jembatan pongpet pengunjung harus bergantian, karena dengan alasan kemananan, pihak pengelola Wisata membatasi jumlah pengunjung yang ingin berselfi diatas jembatan tersebut hanya sebanyak 5 orang ,

Jembatan Merpati Pongpet merupakan icon dari Desa Wisata Margacinta, namun sebenarnya bukan hanya itu saja yang pengelola wisata tawarkan. Selain dapat menikmati keindahan alam dan berselfi diatas jembatan, pengunjung/wistawan dapat belajar tentang Seni Badud yang merupakan kesenian yang lahir dan berkembang dari Dusun Margajaya pada 1868.

Konsep dari Desa Wisata Margacinta ini memang bukan hanya sekedar wisata alam saja, namun juga memperkenalkan tentang nilai – nilai budaya, edukasi, dan kesenian yang ada di Desa Margcinta seperti salah satunya adalah kesenian Badud.

Jembatan Pongpet Masa Doeloe
Jembatan Doeloe

0 comments:

Post a Comment

About